FilomenaSMAK.sch.id – oleh Emiliana Pailasa, S.Pd – Guru Mata Pelajaran Matematika – Pentingnya Mata Pelajaran Matematika bagi Peserta Didik: Tantangan dan Peluang di Tengah Kemudahan Media Sosial
Di sebuah ruang kelas pada suatu pagi, seorang guru matematika mencoba menjelaskan konsep persamaan kuadrat. Di barisan belakang, beberapa siswa sibuk membuka ponsel mereka, terpaku pada layar yang menampilkan video pendek dan meme lucu dari media sosial. Adegan ini mungkin sudah menjadi pemandangan biasa di era digital ini. Namun, di balik situasi ini tersimpan tantangan dan peluang besar yang harus dijawab oleh dunia pendidikan, terutama dalam mengajarkan mata pelajaran seperti matematika.
Matematika seringkali dianggap sebagai momok oleh sebagian besar siswa. Mereka merasa terasing dengan angka, rumus, dan logika yang terkesan kaku dan jauh dari kehidupan sehari-hari. Dalam satu sesi kelas tambahan, seorang siswa mengungkapkan, “Kenapa kita harus belajar aljabar, toh tidak ada hubungannya dengan apa yang saya lihat di TikTok atau Instagram.” Pernyataan ini mencerminkan tantangan utama: bagaimana mata pelajaran matematika dapat tetap relevan di tengah derasnya arus informasi yang lebih menarik dari media sosial.
Namun, di sisi lain, terdapat banyak siswa yang justru menemukan inspirasi matematika dari platform digital. Mereka mengikuti kanal YouTube pendidikan yang kreatif dan interaktif, sehingga mampu memahami materi dengan lebih baik. Narasi ini menunjukkan bahwa, meskipun media sosial sering menjadi distraksi, ia juga dapat menjadi alat bantu yang kuat untuk mendukung pembelajaran, terutama matematika.
Mata pelajaran matematika tetap memiliki posisi yang sangat penting dalam membentuk cara berpikir logis, analitis, dan problem-solving pada peserta didik. Namun, tantangan berupa gangguan media sosial tidak bisa diabaikan. Sebaliknya, media sosial harus dilihat sebagai peluang untuk memperbarui metode pengajaran, menjadikannya lebih menarik dan relevan bagi generasi digital.
Sebagaimana matematika mengajarkan kita untuk mencari solusi dari permasalahan, dunia pendidikan juga harus mampu menemukan solusi kreatif untuk menjawab tantangan zaman. Dengan memadukan cipta, rasa, dan karsa dalam pembelajaran matematika, kita tidak hanya akan menghasilkan siswa yang cerdas, tetapi juga relevan dengan kebutuhan masa depan. Media sosial bukan ancaman, melainkan jembatan menuju pembelajaran yang lebih bermakna.
Penulis : Emiliana Pailasa, S.Pd
Editor : Yudel Neno, Pr
Tinggalkan Komentar